Kamis, 12 Juni 2014

AKAR RUMPUT VETIVER, RUMPUT AKAR WANGI MURAH

1. RUMPUT VETIVER / AKAR WANGI ( PENGENDALI EROSI TANAH DARI LONGSOR )


Erosi adalah proses penggerusan lapis tanah permukaan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti angin, air, es, atau gravitasi. Air hujan di atas permukaan tanah akan menumbuk agregat tanah menjadi partikel-partikel tanah yang lepas. Partikel-partikel tanah yang lepas ini akan terbawa oleh aliran permukaan. Erosi secara alamiah dapat dikatakan tidak menimbulkan musibah bagi kehidupan manusia atau keseimbangan lingkungan. Namun erosi dapat menjadi erosi yang dipercepat, yang dapat diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan atau tindakan yang menimbulkan dampak negatif pada lingkungannya. Terlebih lagi hal ituakan dirasakan pada lereng-lereng jalan yang curam dan terbuka ( tanpa vegetasi) dan jika jenis tanahnya mempunyai erodibilitas yang tinggi.

Setelah lereng selesai direncanakan secara geoteknik dengan baik dan dengan mempertimbangkan faktor keselamatan, kemudian diikuti dengan perlindungan lereng yang dilaksanakan dengan baik untuk meyakinkan kestabilan dalam jangka panjang terutamauntuk daerah dengan curah hujan tinggi dan memiliki tanah yang peka erosi seperti Indonesia. Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan yaitu dengan : a) . metode kimia ( penggunaan bahan pemantap tanah/ soil conditioner) , b) . metode mekanis yaitu dengan pembuatan terasering, menggunakan pemasangan tembok atau matras kawat. Keduametode tersebut sangat mahal. c) metode vegetatif ( dengan menggunakan tanaman) , yang merupakan pendekatan yang bersifat lembut atau hijau, tidak mahal, estetis, juga ramah lingkungan, d) kombinasi antara ketiga metode, misal metode mekanik dengan metode vegetatif . Salah satu upaya penanganan erosi yang dilakukan dengan metode vegetatif yaitu dengan vetiver system.

Vetiver System ( VS) adalah sebuah teknologi sederhana, berbiaya murah yang memanfaatkan rumput vetiver hidup untuk konservasi tanah dan air serta perlindungan lingkungan. VS sangat praktis, tidak mahal, mudah dipelihara, dan sangat efektif dalam mengontrol erosi dan sedimentasi tanah, konservasi air, serta stabilisasi dan rehabilitasi lahan. Vetiver juga mudah dikendalikan karena tidak menghasilkan bunga dan biji yang dapat menyebar liar seperti alang-alang atau rerumputan lainnya. Vetiver yang ditanam tidak diperbolehkan dipanen akarnya karena jika terjadi, hal ini dapat menimbulkan efek yang kontradiktif, yaitu terjadinya kerusakan tanah.

Meskipun solusi hijau atau bioengineering yang dipilih, dalam mengaplikasikan teknologi ini diperlukan adanya pedoman yang dapat dijadikan acuan. Untuk itu, pedoman penanganan erosi permukaan lereng jalan dengan penanaman rumput vetiver ini disusun agar menjadi acuan bagi pelaksana di lapangan. Pedoman ini menguraikan tentang penanaman rumput vetiver untuk pengendalian erosi permukaan dan pencegahan longsoran dangkal pada lereng jalan yang mencakup persyaratan: lereng jalan, tanah, tanaman dan cara penanaman serta pemeliharaan, dapat juga untuk lereng selain lereng jalan.

Untuk Info Harga & Pemesanan Hub :
Marketing - : Telp : ( 021) 99213432 / 082122848974
Marketing - : Telp 0812 94 250725
Marketing - : Telp 0812 12 404956

PIN BB : 2B0A5661
YM : pesonaalam1

Stand : Jl Raya Parung Citayam Kp. Baru RT 04/ 5 Kec. Tajurhalang Bogor 16320 Pembayaran Bisa COD ( Cash on Delivery) Transfer VIA BANK BCA & MANDIRI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar