Kamis, 03 Maret 2011

Rumahku adalah surgaku, begitu ajaran Islam tentang pentingnya fungsi dan peran rumah dalam membangun keluarga yang sakinah. Namun apakah sebuah rumah dapat dikatakan sebagai sorga yang bermakna taman, bila tak ada taman di halaman rumah Anda. Kiasan ini mungkin bisa menggambarkan begitu pentingnya keberadaan sebuah taman di rumah. Apalagi membuat sketsa taman rumah bukan hal yang sulit dan dapat Anda kerjakan sendiri.
Taman Rumah
Meskipun Anda tidak tahu tentang landscaping ataupun dunia tanaman, itu bukan hal yang menghalangi untuk berkreasi sendiri dalam membuat taman rumah yang Anda inginkan. Apalagi saat ini banyak majalah atau buku tentang taman rumah, yang dapat Anda beli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Banyak majalah ataupun tabloid yang mengulas tentang taman rumah dengan cukup detail.
Begitu untuk buku, tak sedikit yang terbitan dalam negeri dengan uraian yang menarik dan rinci tentang taman rumah. Apalagi disertai dengan foto atau gambar penuh warna yang dapat menjadi inspirasi sekaligus panduan dalam membuat sebuah sketsa taman. Ada sejumlah prinisp yang perlu Anda perhatikan dalam membuat suatu sketsa taman rumah, diantaranya :
  • Tidak Monoton. Taman rumah yang dibuat, sebaiknya jangan terlalu monoton. Apalagi bila halaman rumah yang Anda miliki cukup luas, baik halaman depan maupun belakang rumah. Sifat monoton sebuah taman terlihat dari landskep tanah yang cenderung rata. Buatlah Sketsa taman rumah Anda lebih dinamis dengan membuat bentuk kontur pada beberapa bagian. Kontur bisa dibuat dengan menambahkan gundukan tanah sehingga lebih tinggi dari pada bagian halaman lainnya.
  • Komposisi. Peletakan tanaman sebaiknya jangan dilakukan asal-asalan. Perhatikan masalah komposisi, terutama dalam memilih jenis dan ketinggian tanaman. Tanaman yang tinggi jangan diletakkan paling depan atau tengah halaman. Akan menghalangi pemandangan orang saat melihat ke rumah Anda. Begitu juga dengan jenis tanaman hias yang cenderung rendah, sebaiknya jangan ditempatkan pada bagian belakang, tak akan terlihat. Apalagi bila bunganya berwarna-warni. Letakkan jenis tanaman hias semacam ini dibagian depan agar menjadi titik daya tarik.
  • Variasi. Pilihlah jenis dan bentuk tanaman secara variatif. Meskipun kondisi keuangan Anda cukup terbatas, namun taman sebaiknya jangan diisi dengan jenis tanaman setipe saja. Banyak jenis tanaman hias yang harganya relatif murah namun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda bisa memperhatikan kelebihan tanaman itu, apakah pada warna bunga, bentuk daun, atau ketinggian batang tubuh. Coba buat beberapa variasi posisi dalam sketsa taman rumah Anda hingga merasa mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENJUAL RUMPUT SINTETIS LANDSCAPE MURAH

MENJUAL RUMPUT SINTETIS TERMURAH KWALITAS PREMIUM INFO : 081288200145 - 082122848974